A. Pengertian Evaluasi Formatif
Ada dua jenis evaluasi, yakni evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. Tujuan evaluasi sumatif membandingkan efektivitas beberapa jenis produk untuk memilih salah satu yang terbaik dan menyingkirkan yang lainnya, merupakan suatu proses yang menentukan mana produk yang boleh digunakan terus dan mana yang harus dihentikan atau tidak boleh digunakan. Jenis evaluasi ini tidak menghasilkan petunjuk bagi orang yang mengevaluasi tentang bagian mananya dari kurikulum atau program instruksional itu yang harus direvisi. 

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Senin, 25 Juni 2012


A. Pengertian Bahan Ajar
Menurut Gafur (2004) bahan ajar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus diajarkan oleh guru dan dipelajari oleh siswa. Bahan ajar tersebut berisi materi pelajaran yang harus dikuasai oleh guru dan disampaikan kepada siswa. Sedangkan menurut Mulyasa (2006), bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai.

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on


A.      Pengertian Strategi Instruksional
Briggs dan Wager (dalam Suparman:2004) menjelaskan bahwa pengetahuan kita belum lengkap tentang urutan kegiatan instruksional yang sesuai untuk berbagai macam mahasiswa dan tujuan. Penelitian dalam bidang ini masih terhitung langka. Menurut Suparman (2004:206) juga dijelaskan bahwa  tampaknya para ahli sepakat bahwa dalam strategi instruksional berkenaan dengan pendekatan pengajaran dalam mengelola kegiatan istruksioanl untuk menyampaikan materi atau isi pelajaran secara sistematis, sehingga kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh mahasiswa secara efektif dan efisien. Di dalamnya terkandung empat pengertian sebagai berikut.

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Minggu, 24 Juni 2012


G.  Mengembangkan bahan instruksional
Untuk membantu dalam penyampaian materi pembelajaran, perancang menggunakan bahan instruksional yang diambil dari beberapa  buku paket Bahasa Indonesia kelas IX (sembilan) yang sudah dijadikan dalam kumpulan bahan ajar (sejenis diktat) pengajaran dengan kerangka kerja sebagai berikut.

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on


A. Pengertian Tujuan Instruksional Khusus
Tujuan Instruksional Khusus (TIK) merupakan terjemahan dari specific instructional objective. Literatur asing menyebutkannya pula sebagai objective, atau enabling objective, untuk membedakannya dengan general instructional objective, goal, atau terminal objective. Yang berarti tujuan instruksional umum (TIU) atau tujuan instruksional akhir. 

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Sabtu, 23 Juni 2012


A. Pengertian Analisis Instruksional
Analisis intruksional adalah sebagai tahapan proses yang merupakan keseluruhan dari pemaparan bagaimana perancang (desainer) menentukan komponen utama dari tujuan instruksional melalui kegunaan analisis tujuan (goal analysis), dan bagaimana setiap langkah dalam tujuan tersebut dapat dianalisis untuk mengidentifikasi keterampilan subordinate atau keterampilan prasyarat. (Dick dan Carey 2005) dalam (zuhairi-stain.blogspot.com).

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on


I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Keterampilan siswa yang ada di dalam kelas acap kali sangat heterogen. Sebagian siswa sudah banyak tahu, sebagian lagi belum tahu sama sekali tentang materi yang diajarkan di kelas. Bila pengajar mengikuti kelompok siswa yang pertama, kelompok yang kedua merasa ketinggalan kereta, yaitu tidak dapat menangkap pelajaran yang diberikan. Sebaliknya, bila pengajar mengikuti kelompok yang kedua, yaitu mulai dari bawah, kelompok pertama akan merasa tidak belajar apa-apa dan bosan. 

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Rabu, 20 Juni 2012


F. Mengembangkan Strategi Instruksional
Dick & Carey (1985: 136) menyatakan bahwa suatu strategi instruksional menjelaskan komponen-komponen umum dari suatu set bahan instruksional dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama bahan-bahan tersebut untuk menghasilkan hasil belajar tertentu pada peserta didik. Selanjutnya berdasarkan penjelasan tersebut dan petunjuk Suparman (2004: 208-232), maka pada langkah pengembangan strategi instruksional ini dapat dirinci sebagai berikut.

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on

Berikut ini merupakan rahasia yang diungkap dari pengalaman blog terbaik.
Pertama, kuncinya adalah pada Headline.
Headline adalah judul besar dari sebuah hasil karya baik itu berupa iklan, berita, artikel, atau lainnya. Headline merupakan bagian yang paling terlihat oleh para pembaca. Fungsi dari headline adalah menarik minat target pembaca untuk membaca artikel itu sampai tuntas. Oleh karena itu untuk menambah daya tarik pengunjung halaman blog Anda harus dibuat sebagus atau sekontroversial mungkin. Apabila headline blog Anda tidak bagus, pengunjung tidak akan tertarik membaca isi blog Anda.

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Jumat, 15 Juni 2012
0 komentar
categories: | edit post

ANALISIS KASUS DESAIN INSTRUKSIONAL BAHASA INDONESIA SMP

Oleh: Rahmawati

Dalam analisis kasus untuk desain instruksional ini, produk yang akan dianalisis adalah  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX (sembilan) SMP baik yang sebelum dan sesudah direvisi dalam evaluasi formatif.
Langkah-langkah dalam desain instruksional mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX (sembilan) SMP mengacu kepada langkah-langkah desain instruksional yang diungkapkan oleh Suparman (2004) sebagai berikut.

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on


KIR (KARYA ILMIAH REMAJA)
  • 1. Karya Ilmiah Remaja (KIR) M.A.W.Khairurrijal Tugas Bahasa Indonesia
  • 2. Pengertian Karya Ilmiah Karya Ilmiah remaja merupakan tulisan berisi ide kreatif siswa yang disusun secara komprehensi berdasarkan data, dianalisis dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan Menurut Brotowijoyo karya Ilmiah ialah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. 

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Kamis, 14 Juni 2012
1 komentar
categories: | edit post


PERBANDINGAN KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI GURU PADA SATUAN PENDIDIKAN DASAR DI NEGARA KUBA DENGAN NEGARA INDONESIA

Oleh: Rahmawati
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pendidikan nasional Indonesia di abad ke-21 ini menghadapi tantangan yang berat, yaitu tantangan globalisasi, otonomi daerah, dan desentralisasi pendidikan untuk mengembangkan pendidikan yang relevan dengan lingkungan kehidupan warga belajar serta didukung oleh masyarakatnya. Hasil survei Unesco (2011) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index/HDI) menunjukkan bahwa peringkat Indonesia di tahun 2011 menempati urutan ke 124 dari 173 negara. Hasil survei yang didasarkan pada mutu pendidikan, kesehatan, dan ekonomi ini menunjukkan bahwa masih rendahnya mutu sistem pendidikan di Indonesia.

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Senin, 04 Juni 2012
0 komentar
categories: | edit post


Beberapa hal ini dapat mengakibatkan gangguan reproduksi sehingga mempengaruhi kesuburan.

1. Rokok. Jika Anda berdua perokok, bisa-bisa peluang Anda jadi ayah dan bunda  terbang bersama asap rokok. Karena puluhan zat berbahaya yang terkandung dalam rokok mengakibatkan:
  • Gerak sperma lambat, jumlahnya turun dan sebagian mati. 
  • Risiko keguguran meningkat 64% bila suami isteri perokok atau salah satunya perokok. 
  • Asam nikotin pada rokok mengikat hemoglobin sehingga fungsinya sebagai pembawa oksigen ke organ
  • vital menurun. Yang pasti, aneka zatracun ikut mengalir ke sistem reproduksi Anda. 
  • Rokok bisa menghambat ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur ke saluran tuba). 
  • Lendir leher rahim terpengaruh racun rokok sehingga menghalangi mampirnya sel sperma ke sel telur
2. Menyetir mobil atau Motor. Penelitian Dr. Michele De Rosa dari University of Naples Federico II

  (Italia) mengungkap, oksida nitrogen, timah, oksida belerang, dan karbon monoksida yang terkandung dalam gas buangan kendaraan bermotor, bisa jadi biang keladi turunnya kualitas sel telur dan sperma. Kemacetan di jalan semakin memperlemah gerak sperma. Selain itu, suhu panas dari mesin kendaraan mempengaruhi daya tahan sperma. Itu sebabnya Dr.De Rosa mengklaim orang yang menghabiskan 6 jam atau lebih berkendaraan per hari, kesuburannya bisa terganggu.

3. Usia. Memasuki usia 35 tahun, tingkat kesuburan seorang perempuan sudah menurun sampai akhirnya masuk ke wilayah baru, yaitu menopause pad ausia 45-50 tahun. Menurut Dr. Gillian Lockwood dari Midland Fertility Service, Inggris, penurunan kesuburan tersebut disebabkan:
  • Berkurangnya jumlah sel telur setelah bertahun-tahun mengalami menstruasi.
  • Kualitas sel telur yang juga mengalami penurunan.
  • Sel telur perempuan usia 35 tahun sering ‘tidak siap’ dibuahi sperma.
4. Kafein. Kafein ada di dalam minuman membuat Anda selalu siaga. Anda juga tak ingin ketinggalan gaya hidup nongkrong di kafe dengan satu cup besar kopi. Padahal, kadar kafein tinggi dalam darah Anda dapat:
  • Menekan produksi hormone estrogen dan progesterone, sehingga menghambat terjadinya ovulasi.
  • Mengurangi kandungan darah dalam hormon prolaktin mengganggu siklus haid sehingga fertilisasi pun rendah. 
5. Radiasi. Radiasi sangat berbahaya untuk setiap sel tubuh Anda. Penderita kanker yang menjalani penyinaran untuk membunuh sel-sel kanker merasa sangat tidak nyaman dengan radiasi ini, begitu juga bila Anda bekerja bekerja di lokasi yang mengandung radiasi tinggi, misalnya PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), maka akan terserang rasa mual, muntah, atau pusing. Sampai saat ini tidak ada ambang batas radiasi yang aman, bahkan menurut 40 ilmuwan European Commission on Radiation Risk, dosis radiasi alfa yang rendah bisa jauh lebih berbahaya merusakkan sel. Dampak buruk radiasi teradap reproduksi:
  • Terhentinya menstruasi sebelum masa menopause.
  • Mengganggu produksi sperma dan sel telur.
  • Menurunkan gairah seksual.

Sumber: Tabloid Ayah Bunda 

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Jumat, 09 Maret 2012
0 komentar
categories: | edit post


Alkisah, di sebuah lahan pertanian ada dua ekor kuda. Dari kejauhan, kedua kuda itu tampak seperti kuda-kuda lainnya. Tetapi jika kita melihatnya lebih dekat, kita baru akan memperhatikan sesuatu yang sungguh menarik.
Salah satu kuda itu ternyata buta. Pemiliknya memilih untuk tidak mematikannya, tapi menyediakan baginya sebuah kandang yang nyaman dan aman untuk ditinggali. Satu hal itu saja sudah sangat menakjubkan.



Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang MUHSININ (berbuat baik). “ (al Hajj: 37)

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Minggu, 22 Januari 2012
0 komentar
categories: | edit post

Mitos: Jika payudara kecil, produksi ASI hanya sedikit
Fakta: Tidak benar. Ukuran payudara tidak berpengaruh pada jumlah dan kualitas ASI. Payudara besar biasanya karena memiliki jaringan lemak yang lebih banyak. Jumlah alveoli (wadah) payudara kecil dan besar adalah sama. Jadi, besar kecilnya payudara tidak menentukan banyak sedikitnya produksi ASI.



Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Jumat, 20 Januari 2012
0 komentar
categories: | edit post


Bagaimanakah wujud keluarga Islami itu? Bayangan anda tentang suami isteri yang bertingkah laku bagai malaikat serta rahmat Allah yang senantiasa melimpahi kebutuhan hidup mereka tentu bukanlah gambaran yang benar. Ajaran Islam sendiri merupakan ajaran yang dirancang bagi manusia yang memiliki berbagai kelemahan dan kekurangan dan siap diterapkan dalam berbagai keadaan yang menyertai hidup manusia.
Jadi, jika anda menemui goncangan-goncangan yang menyangkut diri anda dalam masalah pribadi, 

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on
0 komentar
categories: | edit post

Alkisah, dahulu kala hiduplah seorang raja yang muda serta mempunyai kekuasaan yang luas. Ia hidup bersama penasihatnya. Suatu ketika iapun merasa susah, karena ia bingung apa yang akan dia lakukan. Iapun bercerita kepada penasihatnya. “wahai penasihat aku bingung dengan diriku ini, aku telah menjadi raja, tapi  mengapa aku merasa hidupku ini tidak enak, aku merasa sepi”. Maka dengan senyum dan bijak sang penasihat menjawab “Wahai raja, lebih baik kau menikah, insya Allah khoir, insya Allah kau tidak merasa sepi”.

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on
0 komentar
categories: | edit post

Tokoh-Tokoh Praktisinya:
1. Priscilla Vail, Smart Kids with the school problem.1980
2. John Philo Dixon, The Spatial Child, 1983, Peletakan dasar-dasar gaya belajar.
3. David Elkind The hurried child; growing up to fast too soon, 1989
4. Alvin Toffler; The Future Shock, New York, 1991
5. Thomas G West, In the mind’s eye, Visual Thinker, Gifted Child with Learning Difficulties, 1991
6. Howard Gardner, The Frame of Minds, 1993, Dasar-dasar Multiple Intelligence
7. Ronald Kotulak, Inside of The Brain ; Revolutionary Discoveries of How the mind works. 1994
8. Temple Grandin, Thinking in a pictures, 1996

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Kamis, 19 Januari 2012

Dalam Al-Qur’anul Karim Surat Al-Ashr (103): 1-3, Allah berfirman yang artinya sebagai berikut.
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Ayat di atas menjelaskan bahwa manusia memang benar-benar berada dalam kerugian apabila tidak memanfaatkan waktu yang telah diberikan oleh Allah secara optimal untuk mengerjakan perbuatan-perbuatan

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on
0 komentar
categories: | edit post


Lucunya kita ini.. Ngasih uang ke kotak amal 20 ribuan terasa kegedean.. Tapi kalo kita bawa uang 20 ribuan ke Mall terasa kekecilan.. Lucunya kita ini.. Adzan sudah terdengar malah cuek-cuek saja.. Tapi kalo orang yang kita... senangi manggil langsung kita samperin.. Lucunya kita ini.. Baca koran atau buku bisa berlama-lama.. Tapi kalo baca Al-Qur'an baru dapat 1 ayat saja sudah bosan.. Lucunya kita ini.. Menghadiri majelis taklim yang lamanya 2 jam ada aja alasan untuk enggak hadir.. Tapi kalo ngerumpi bareng temen-temen 


seharianpun masih kurang.. Lucunya kita ini.. Setiap tangan kanan memberi kepada orang lain, Tapi tangan kiri selalu merasa ingin tahu sehingga ria dan bangga diri.. Lucunya kita ini.. Katanya ingin hidup bahagia dunia akhirat, Tapi menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta dan tahta.. Lucunya kita ini.. Mengaku umat Rasulullah, Tapi males-malesan untuk menjalankan sunnah.. Lucunya kita ini.. Berharap orang lain menghormati kita, Tapi gak pernah kita menghormati orang lain.. Hah !!! Kok lucu yah kita ??? Sahabat, apa yang kita harapkan harus sesuai dengan apa yang kita lakukan.. Jadikanlah pribadi diri yang selalu tegak dijalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.. Jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin.. 

www.bukanmuslimahbiasa.com

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on
0 komentar
categories: | edit post

I.      Strategi-Strategi di Dalam Ruang Kelas
Strategi pengajaran yang dipilih oleh para guru mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, para guru harus selektif dalam pilihan yang mereka buat. Sebagai seorang pemandu, guru bertanggung jawab memastikan pendekatan yang digunakan untuk membantu siswa belajar dapat berjalan efektif dalam membantu mereka mencapai hasil belajar yang diharapkan. 

Read More
Diposting oleh Rahmawati Blog on Rabu, 18 Januari 2012
Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang

Selamat datang di Blog Kontemplatif Cendekia, media yang mengajak Anda untuk sejenak merenung dan menjadi lebih bijak dalam melangkah.

Jam dan Tanggal

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Visitors

free counters

About Me

Foto Saya
Rahmawati Blog
Lihat profil lengkapku