A.      Pengertian Strategi Instruksional
Briggs dan Wager (dalam Suparman:2004) menjelaskan bahwa pengetahuan kita belum lengkap tentang urutan kegiatan instruksional yang sesuai untuk berbagai macam mahasiswa dan tujuan. Penelitian dalam bidang ini masih terhitung langka. Menurut Suparman (2004:206) juga dijelaskan bahwa  tampaknya para ahli sepakat bahwa dalam strategi instruksional berkenaan dengan pendekatan pengajaran dalam mengelola kegiatan istruksioanl untuk menyampaikan materi atau isi pelajaran secara sistematis, sehingga kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh mahasiswa secara efektif dan efisien. Di dalamnya terkandung empat pengertian sebagai berikut.

 
1.    Urutan kegiatan instruksional, yaitu urutan kegiatan pengajar dalam menyampaikan isi pelajaran kepada mahasiswa;
2.    Metode instruksional, yaitu cara pengajar mengorganisasikan materi pelajaran dan mahasiswa agar terjadi proses belajar secara efektif dan efisien;
3.    Media instruksional, yaitu peralatan dan bahan instruksional yang digunakan pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan instruksional;
4.    Waktu yang digunakan oleh pengajar dan mahasiswa dalam menyelesaikan setiap langkah dalam kegiatan instruksional.
Dengan demikian, strategi instruksional merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan mahasiswa, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses instruksional untuk mencapai tujuan instruksional yang telah ditentukan.

B.  Komponen-Komponen yang terdapat Dalam Strategi Instruksional
Menurut Suparman (2004:208), strategi instruksional yang akan dijelaskan pada dasarnya terbagi atas empat komponen utama, yaitu: urutan kegiatan instruksional, metode, media, dan waktu. Dalam makalah ini akan dijelaskan satu persatu komponen utama tersebut dan akan dibagi lagi menjadi subkomponen.  Di bawah ini, dalam bentuk bagan strategi instruksional tampak sebagai berikut.



Tabel 1
Komponen Utama dan Subkomponen dalam Strategi Instruksional
URUTAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
PENDAHULUAN
Deskripsi Singkat:





Relevansi:





TIK:





PENYAJIAN
Uraian:





Contoh:





Latihan:





PENUTUP
Tes Formatif:





Umpan Balik:





Tindak Lanjut:






Jumlah





1. Komponen Utama Pertama: Urutan Kegiatan Instruksional
Urutan kegiatan instruksional terdiri atas komponen pendahuluan, penyajian, dan penutup. Setiap subkomponen tersebut terdiri atas beberapa langkah.
a. Subkomponen Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dari kegiatan instruksional yang sesungguhnya. Kegiatan awal dimaksudkan untuk mempersiapkan mahasiswa agar secara mental siap mempelajarai pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru. Dalam Suparman (2004:211-212) dijelaskan fungsi subkomponen pendahuluan dalam tiga langkah dengan uraian penjelasan sebagai berikut
1)   Penjelasan Singkat tentang Isi Pelajaran
Pada babak permulaan pelajaran, mahasiswa ingin segera mengetahui apa yang akan dipelajarinya pada pertemuan saat itu. Keingintahuan ini akan terpenuhi bila pengajar menjelaskannya secara singkat. Dengan demikian, pada permulaan kegiatan belajarnya mahasiswa telah mendapat gambaran secara global tentang isi pelajaran yang akan dipelajarinya.
2)   Penjelasan Relevansi Isi Pelajaran Baru
Pada tahap permulaan kegiatan instruksional mahasiswa perlu diberi penjelasan mengenai relevansi atau kegiatan isi pelajaran yang akan dipelajarinya dengan pengetahuan, keterampilan, atau sikap yang telah dikuasainya, atau relevansinya dengan pengalaman dan pekerjaannya sehari-hari.
3)   Penjelasan tentang Tujuan Instruksional
Tujuan instruksional berisi kemampuan yang akan dicapai mahasiswa pada akhir proses belajarnya. Dengan dijelaskan tujuan instruksional di awal pembelajaran, maka mahasiswa akan mempunyai kemungkinan mengorganisasikan atau mengatur sendiri proses belajarnya dengan menggunakan sumber-sumber yang ada di lingkungannya. Selain itu, juga akan meningkatkan motivasinya selama proses belajarnya.
Dalam bentuk bagan, subkomponen pendahuluan dapat digambarkan sebagai berikut:
Tabel 2. Komponen Pendahuluan dan Langkah-langkah di Dalamnya
URUTAN
KEGIATAN PENDAHULUAN
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
Deskripsi Singkat:





Relevansi:





TIK:





b. Subkomponen Penyajian
Setelah selesai kegiatan Pendahuluan, pengajar mulai memasuki kegiatan Penyajian. Penyajian adalah subkomponen yang sering ditafsirkan secara awam sebagai pengajaran karena memang merupakan inti kegiatan pengajaran. Dalam Suparman (2004:214), diuraikan subkomponen penyajian dalam tiga pengertian pokok yang terkandung di dalamnya:
1)   Uraian
Uraian adalah penjelasan tentang materi pelajaran atau konsep, prinsip, dan prosedur yang akan dipelajari mahasiswa.
2)   Contoh
Contoh adalah benda atau kegiatan yang terdapat dalam kehidupan mahasiswa sebagai wujud dari materi pelajaran yang sedang diuraikan. Contoh meliputi benda atau kegiatan yang bersifat positif dan yang negatif, atau baik yang konsisten maupun yang bertentangan dengan uraian.
3)   Latihan
Latihan adalah kegiatan mahasiswa dalam rangka menerapkan konsep, prinsip, atau prosedur yang sedang dipelajarinya ke dalam praktik yang relevan dengan pekerjaan atau kehidupannya sehari-hari.
c. Subkomponen Penutup
Penutup adalah subkomponen terakhir dalam urutan kegiatan instruksional. Ia terdiri dari dua langkah, yaitu: langkah pertama tes formatif dan umpan balik, sedangkan langkah kedua tindak lanjut.
1)   Tes Formatif
Tes formatif adalah satu set pernyataan untuk dijawab atau seperangkat tugas untuk dilakukan untuk mengukur kemajuan belajar mahasiswa setelah menyelesaikan suatu tahap pelajaran. Tes ini dapat diajukan secara tertulis atau lisan. Di samping untuk mengukur kemajuan mahasiswa, tes merupakan bagian dari kegiatan belajar mahasiswa yang secara aktif membuat respon. Hasil tes formatif harus diberitahukan kepada mahasiswa dan diikuti dengan penjelasan tentang hasil kemajuan mahasiswa. Kegiatan memberitahukan hasil tes tersebut dinamakan umpan balik.
2)   Tindak Lanjut
Tindak lanjut adalah kegiatan yang dilakukan mahasiswa setelah melakukan tes formatif dan mendapatkan umpan balik. Mahasiswa yang telah mencapai hasil baik dalam tes formatif dapat meneruskan ke bagian pelajaran selanjutnya atau mempelajari bahan tambahan untuk memperdalam pengetahuan yang telah dipelajarinya. Mahasiswa yang mendapatkan hasil kurang dalam tes formatif harus mengulang isi pelajaran tersebut dengan menggunakan bahan instruksional yang sama atau berbeda.
Tabel 3. Komponen Penutup dan Langkah-langkah di Dalamnya
URUTAN
KEGIATAN PENDAHULUAN
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
Tes formatif dan Umpan Balik





Tindak Lanjut






2. Komponen Utama Kedua: Metode Instruksional
          Salah satu komponen utama pada strategi instruksional di luar urutan kegiatan instruksional adalah metode instruksional. Tidak setiap metode instruksional sesuai untuk digunakan dalam mencapai tujuan instruksional tertentu. Karena itu, pengembang instruksional harus memilih metode yang sesuai untuk setiap TIK yang ingin dicapai.
          Metode instruksional berfungsi sebagai cara dalam menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan) isi pelajaran kepada mahasiswa untuk mencapai tujuan tertentu. Berbagai metode berikut ini biasa digunakan pengajar dalam kegiatan instruksional yang dibuat dalam bentuk tabel.

3. Komponen Utama Ketiga            : Media Instruksional
          Menurut Suparman (2004:232), media adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi dari pengirim kepada penerima pesan. Media digunakan dalam kegiatan instruksional karena berbagai kemampuannya sebagai berikut:
a.    Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata menjadi lebih besar;
b.    Menyajikan benda atau peristiwa yang terletak jauh dari mahasiswa ke hadapan mahasiswa;
c.    Menyajikan peristiwa yang kompleks, rumit, berlangsung dengan sangat cepat atau sangat lambat menjadi lebih sistematis dan sederhana;
d.   Menampung sejumlah besar mahasiswa untuk mempelajari materi pelajaran dalam waktu yang sama;
e.    Menyajikan benda atau peristiwa berbahaya ke hadapan mahasiswa;
f.     Meningkatkan daya tarik pelajaran dan perhatian mahasiswa;
g.    Meningkatkan sistematikan pengajaran.
Dalam Suparman (2004:236–237) dijelaskan bahwa dalam proses pemilihan media, pengembang instruksional dapat mengidentifikasi beberapa media yang sesuai untuk tujuan instruksional tertentu. Langkah selanjutnya adalah memilih salah satu media diantaranya atas dasar pertimbangan sebagai berikut:
a.    Biaya yang lebih murah, baik pada saat pembelian maupun pemeliharaan;
b.    Kesesuaiannya dengan metode instruksional;
c.    Kesesuaian dengan karakteristik mahasiswa;
d.   Pertimbangan praktis;
e.    Ketersediaan media tersebut berikut suku cadangnya di pasaran serta ketersediaanya bagi mahasiswa.

4. Komponen Utama Keempat: Waktu
Komponen terakhir dalam strategi instruksional adalah waktu, yaitu jumlah waktu dalam menit yang dibutuhkan oleh pengajar dan mahasiswa untuk menyelesaikan setiap langkah pada urutan kegiatan instruksional. Menghitung jumlah waktu yang digunakan oleh pengajar penting artinya bagi pengajar sendiri dalam mengelola kegiatan instruksional. Sedangkan menghitung jumlah waktu yang dibutuhkan mahasiswa penting artinya bagi berbagai pihak. Bagi mahasiswa jumlah waktu itu merupakan petunjuk dalam mengelola waktu belajarnya. Bagi pengelola program pendidikan jumlah waktu yang dibutuhkan mahasiswa merupakan petunjuk tentang bobot mata pelajaran.

C. Menyusun Strategi Instruksional
Penyusunan strategi instruksional haruslah didasarkan atas tujuan instruksional yang akan dicapai sebagai kriteria utama. Urutan kegiatan instruksional pada penyajian, misalnya belum tentu selalu UCL (Uraian, Contoh, Latihan), mungkin saja dapat berbentuk CUL. Sedangkan urutan kegiatan instruksional pada pendahuluan yang tersusun DRT (Deskripsi Singkat, Relevansi, dan TIK) dan penutup yang terdiri dari TUT (Tes Formatif, Umpan Balik, dan Tindak Lanjut) tampaknya tidak perlu mengalami perubahan.
Berikut ini akan diuraikan bagaimana mengisi tabel untuk menyusun strategi instruksional:
1.    Mengisi nomor TIK yang strategi instruksionalnya akan disusun. Ini berarti bahwa pengembang instruksional akan menyusun satu strategi instruksional untuk satu TIK.


Tabel 4
Strategi Instruksional
TIK No.                                                       Mata Pelajaran
................................                                     ................................................

URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU
 (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
PENDAHULUAN






















PENYAJIAN





















PENUTUP






















2.        Kolom satu telah diisi dengan Pendahuluan, penyajian dan penutup, tidak perlu diisi kembali, karena urutan ini tidak perlu diubah. Tetapi pada kolom 2, mulai harus memikirkan urutan kegiatan instruksional yang sesuai untuk menghasilkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang tercantum dalam TIK.
3.        Dalam kolom 3, pendesain instruksional menuliskan materi atau isi pelajaran secara singkat untuk setiap TIK dimulai dari pendahuluan sampai pada penutup.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan langkah kerja penulis pada penyusunan strategi instruksional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX dengan KD: Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber yang merupakan kelanjutan dari langkah ke-5 Penilaian Acuan Patokan. pengembangan strategi instruksional ini dapat dirinci sebagai berikut.


Strategi Instruksional ke-1
Mata Pelajaran     :   Bahasa Indonesia
TIK Kode: A     :    Setelah diberikan contoh karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan sistematika penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang sistematika penulisan karya tulis ilmiah.
ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menentukan sistematika penulisan karya tulis ilmiah yang biasa terdapat pada karya tulis seperti makalah dan artikel.
Ceramah dan tanya jawab
Makalah dan artikel
1
1
2
TIK
Setelah diberikan dua contoh karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan sistematika penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan secara umum tentang sistematika penulisan karya tulis ilmiah.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
2
1
3
Contoh
Siswa menyebutkan sistematika penulisan yang terdapat pada contoh makalah dan artikel yang diberikan.
Tanya jawab
Makalah dan artikel pada buku siswa
-
2
2
Latihan
Siswa diminta untuk menemukan kemudian menyebutkan sistematika yang terdapat pada contoh karya ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah dan artikel pada buku siswa
1
6
7
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menyebutkan urutan sistematika yang terdapat pada contoh karya tulis yang diberikan dengan tepat.
Tanya jawab
Makalah dan lembar soal
-
2
2
Tindak lanjut
Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2

Jumlah
7
13
20












Strategi Instruksional ke-2

Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
TIK Kode: B      :    Setelah dijelaskan langkah-langkah penyusunan karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan 4 langkah penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang langkah-langkah penyusunan karya tulis ilmiah.
­­­Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum membuat karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor  dan makalah
1
1
2
TIK
Setelah dijelaskan langkah-langkah penyusunan karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan 4 langkah penulisan karya tulis ilmiah dengan tepat.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan secara umum tentang langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
7
-
7
Contoh
Siswa menyebutkan langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
-
-
2
2
Latihan
Siswa diminta untuk menyebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
-
1
3
4
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menyebutkan 4 langkah penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
Tanya jawab
Lembar soal
-
1
1
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2

Jumlah
12
8
20












Strategi Instruksional ke-3

Mata Pelajaran       :   Bahasa  Indonesia
TIK Kode: C          Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menentukan topik untuk karya tulis ilmiah sesuai deskripsi peristiwa tersebut dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang menentukan topik untuk penulisan karya ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menentukan topik dari peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari sebagai langkah awal dalam pembuatan karya tulis ilmiah.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2
TIK



Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menentukan topik sesuai deskripsi peristiwa tersebut dengan benar.


Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang cara menentukan topik dalam penulisan karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
8
2
10
Contoh
Siswa menentukan topik dalam penulisan karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
LKS
1
4
5
Latihan
Siswa diminta untuk menentukan topik sesuai deskripsi peristiwa yang diberikan untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah.
Diskusi kelompok
LKS
-
3
3
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menentukan topik sesuai deskripsi peristiwa yang diberikan dengan benar.
Diskusi kelompok
LKS
-
5
5
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan meminta siswa untuk mencari suatu peristiwa menarik kemudian menentukan topik dari peristiwa tersebut sebagai PR. Kemudian, menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Tanya jawab dan penugasan
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan lembar soal
2
1
3

Jumlah
14
16
30











Strategi Instruksional ke-4

Mata Pelajaran       Bahasa Indonesia
TIK Kode: D       Setelah dijelaskan cara mengumpulkan data, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan cara mengumpulkan data dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang cara mengumpulkan data.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menjelaskan sumber-sumber yang bisa didapatkan dalam mengumpulkan data sebagai bahan dan sumber untuk pembuatan karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
2
3
TIK

Setelah dijelaskan cara mengumpulkan data, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan cara mengumpulkan data dengan benar.

Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang cara mengumpulkan data.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
8
2
10
Contoh
Siswa menyebutkan sumber-sumber yang bisa dijadikan data.
Tanya jawab
-
1
2
3
Latihan
Siswa diminta untuk menjelaskan cara mengumpulkan data.
Diskusi kelompok
LKS
-
5
5
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menjelaskan cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data yang akan dijadikan sebagai bahan dan sumber dalam penulisan karya ilmiah. 
Diskusi kelompok dan penugasan
LKS
-
5
5
Tindak lanjut
Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan  menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2

Jumlah
13
17
30












Strategi Instruksional ke-5

Mata Pelajaran       :    Bahasa Indonesia
TIK Kode: E        :  Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan bagian pendahuluan karya tulis ilmiah sesuai dengan deskripsi peristiwa secara benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang bagian pendahuluan karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menguraikan suatu peristiwa ke dalam bagian pendahuluan (latar belakang, permasalahan,  dan tujuan) untuk penulisan karya ilmiah.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
2
3


TIK



Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan bagian pendahuluan karya tulis ilmiah sesuai dengan deskripsi peristiwa secara benar.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang bagian pendahuluan pada karya tulis ilmiah.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
10
2
12
Contoh
Siswa menguraikan bagian latar belakang dan masalah yang bisa dituliskan dari suatu peristiwa untuk karya ilmiah.
Tanya jawab
LKS
1
3
4
Latihan
Siswa diminta menguraikan bagian pendahuluan yang bisa dituliskan dari suatu peristiwa untuk karya ilmiah.
Tanya jawab
LKS
1
5
6
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menguraikan bagian pendahuluan karya tulis ilmiah sesuai dengan deskripsi peristiwa yang diberikan secara benar.
Penugasan
Lembar soal
-
5
5

Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
2
1
3

Jumlah
17
18
35



Strategi Instruksional ke-6

Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
TIK Kode: F      :    Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan secara singkat bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menjelaskan bagian pembahasan dari makalah
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
1
1
2

TIK
Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan secara singkat bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
4
2
6
Contoh
Siswa menjelaskan bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah
1
2
3
Latihan
Siswa diminta menjelaskan bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah
1
3
4
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menjelaskan secara singkat bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan dengan benar.
Penugasan
Lembar soal
-
5
5
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
2
1
3

Jumlah
11
14
25

Strategi Instruksional ke-7

Mata Pelajaran     :   Bahasa Indonesia
TIK Kode: G       Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan secara singkat bagian penutup pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang bagian penutup pada karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menguraikan bagian penutup yang terdapat dalam suatu makalah.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt,  LCD Proyektor, dan makalah
1
1
2
TIK




Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan secara singkat bagian penutup pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
Ceramah
Laptop, Slide PPt,  LCD Proyektor, dan makalah
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N

Uraian

Penjelasan tentang bagian penutup pada karya tulis ilmiah
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor, dan makalah
3
2
5

Contoh
Siswa menjelaskan bagian penutup yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah
1
1
2

Latihan
Siswa diminta menguraikan bagian penutup yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah
1
1
2
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menguraikan secara singkat bagian penutup yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan dengan benar.
Penugasan
Lembar soal
-
4
4

Tindak lanjut


Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor,  dan makalah
2
1
3

Jumlah
10
10
20

Strategi Instruksional ke-8

Mata Pelajaran     :   Bahasa Indonesia                                                     
TIK Kode: H      Setelah dijelaskan cara menuliskan  daftar pustaka, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menuliskan daftar pustaka dengan tepat.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang cara menuliskan daftar pustaka.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi

Siswa dapat menuliskan sumber-sumber yang dijadikan sebagai sumber bahan dalam penulisan karya ilmiah ke dalam daftar pustaka.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
1
1
2

TIK




Setelah dijelaskan cara menuliskan  daftar pustaka, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menuliskan daftar pustaka dengan tepat.
Ceramah
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang cara penulisan daftar pustaka.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
10
1
11
Contoh
Siswa menuliskan daftar pustaka bersumber dari sebuah buku.
tanya jawab
Buku sumber
1
2
3
Latihan
Siswa diminta menuliskan daftar pustaka bersumber dari sebuah buku.
Penugasan
Buku sumber
-
2
2
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menuliskan daftar pustaka bersumber dari dua buah buku dengan tepat.
Penugasan
Lembar soal
-
4
4
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1

Jumlah
16
12
25












Strategi Instruksional ke-9

Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia                                                    
TIK Kode: I         Setelah  membuat kerangka tulisan,  siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menuliskan sebuah karya tulis ilmiah sederhana dengan mengembangkan kerangka tulisan minimal 500 kata.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat

Materi ini mempelajari tentang  mengembangkan kerangka menjadi sebuah karya tulis sederhana.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi

Siswa dapat mengembangkan kerangka menjadi sebuah karya ilmiah sederhana.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2
TIK





Setelah  membuat kerangka tulisan,  siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menuliskan sebuah karya tulis ilmiah sederhana dengan mengembangkan kerangka tulisan minimal  500 kata.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang mengembangkan kerangka menjadi sebuah karya tulis sederhana.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
5
2
7
Contoh
Siswa menuliskan pendahuluan karya tulis ilmiah dengan mengembangkan kerangka bagian pendahuluan.
Diskusi kelompok
LKS
-
5
5
Latihan
Siswa diminta menuliskan pendahuluan karya tulis ilmiah dengan mengembangkan kerangka bagian pendahuluan.
Diskusi kelompok
LKS
-
6
6
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menuliskan karya tulis ilmiah sederhana minimal 500 kata dengan mengembangkan kerangka tulisan yang telah dibuat sebelumnya.
Penugasankelompok
-
-
10
10
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan memberikan tugas menuliskan karya tulis ilmiah sederhana secara berkelompok dalam waktu satu minggu.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
2
1
3

Jumlah
10
25
35

Dari 9 strategi di atas, terlihat semua waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar sebanyak 240 menit. Jika satu kali tatap muka 2 x 40 menit, waktu untuk semua kegiatan KBM direncanakan 3 kali tatap muka  (80 x 3 = 240 menit).

Diposting oleh Rahmawati Blog on Minggu, 24 Juni 2012

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang

Selamat datang di Blog Kontemplatif Cendekia, media yang mengajak Anda untuk sejenak merenung dan menjadi lebih bijak dalam melangkah.

Jam dan Tanggal

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Visitors

free counters

About Me

Foto Saya
Rahmawati Blog
Lihat profil lengkapku