F. Mengembangkan Strategi Instruksional
Dick & Carey (1985: 136) menyatakan bahwa suatu strategi instruksional menjelaskan komponen-komponen umum dari suatu set bahan instruksional dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama bahan-bahan tersebut untuk menghasilkan hasil belajar tertentu pada peserta didik. Selanjutnya berdasarkan penjelasan tersebut dan petunjuk Suparman (2004: 208-232), maka pada langkah pengembangan strategi instruksional ini dapat dirinci sebagai berikut.

Strategi Instruksional ke-1
Mata Pelajaran     :   Bahasa Indonesia
TIK Kode: A   :   Setelah diberikan contoh karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timurdapat menyebutkan sistematika penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang sistematika penulisan karya tulis ilmiah.
ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menentukan sistematika penulisan karya tulis ilmiah yang biasa terdapat pada karya tulis seperti makalah dan artikel.
Ceramah dan tanya jawab
Makalah dan artikel
1
1
2
TIK
Setelah diberikan dua contoh karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan sistematika penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan secara umum tentang sistematika penulisan karya tulis ilmiah.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
2
1
3
Contoh
Siswa menyebutkan sistematika penulisan yang terdapat pada contoh makalah dan artikel yang diberikan.
Tanya jawab
Makalah dan artikel pada buku siswa
-
2
2
Latihan
Siswa diminta untuk menemukan kemudian menyebutkan sistematika yang terdapat pada contoh karya ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah dan artikel pada buku siswa
1
6
7
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menyebutkan urutan sistematika yang terdapat pada contoh karya tulis yang diberikan dengan tepat.
Tanya jawab
Makalah dan lembar soal
-
2
2
Tindak lanjut
Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2

Jumlah
7
13
20











Strategi Instruksional ke-2

Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
TIK Kode: B      :    Setelah dijelaskan langkah-langkah penyusunan karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan 4 langkah penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang langkah-langkah penyusunan karya tulis ilmiah.
­­­Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum membuat karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor  dan makalah
1
1
2
TIK
Setelah dijelaskan langkah-langkah penyusunan karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan 4 langkah penulisan karya tulis ilmiah dengan tepat.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan secara umum tentang langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
7
-
7
Contoh
Siswa menyebutkan langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
-
-
2
2
Latihan
Siswa diminta untuk menyebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
-
1
3
4
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menyebutkan 4 langkah penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
Tanya jawab
Lembar soal
-
1
1
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2

Jumlah
12
8
20












Strategi Instruksional ke-3

Mata Pelajaran       :   Bahasa  Indonesia
TIK Kode: C        :    Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menentukan topik untuk karya tulis ilmiah sesuai deskripsi peristiwa tersebut dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang menentukan topik untuk penulisan karya ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menentukan topik dari peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari sebagai langkah awal dalam pembuatan karya tulis ilmiah.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2
TIK



Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menentukan topik sesuai deskripsi peristiwa tersebut dengan benar.


Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang cara menentukan topik dalam penulisan karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
8
2
10
Contoh
Siswa menentukan topik dalam penulisan karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
LKS
1
4
5
Latihan
Siswa diminta untuk menentukan topik sesuai deskripsi peristiwa yang diberikan untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah.
Diskusi kelompok
LKS
-
3
3
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menentukan topik sesuai deskripsi peristiwa yang diberikan dengan benar.
Diskusi kelompok
LKS
-
5
5
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan meminta siswa untuk mencari suatu peristiwa menarik kemudian menentukan topik dari peristiwa tersebut sebagai PR. Kemudian, menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Tanya jawab dan penugasan
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan lembar soal
2
1
3

Jumlah
14
16
30











Strategi Instruksional ke-4

Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
TIK Kode: D     :    Setelah dijelaskan cara mengumpulkan data, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan cara mengumpulkan data dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang cara mengumpulkan data.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menjelaskan sumber-sumber yang bisa didapatkan dalam mengumpulkan data sebagai bahan dan sumber untuk pembuatan karya tulis ilmiah.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
2
3
TIK

Setelah dijelaskan cara mengumpulkan data, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan cara mengumpulkan data dengan benar.

Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang cara mengumpulkan data.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
8
2
10
Contoh
Siswa menyebutkan sumber-sumber yang bisa dijadikan data.
Tanya jawab
-
1
2
3
Latihan
Siswa diminta untuk menjelaskan cara mengumpulkan data.
Diskusi kelompok
LKS
-
5
5
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menjelaskan cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data yang akan dijadikan sebagai bahan dan sumber dalam penulisan karya ilmiah. 
Diskusi kelompok dan penugasan
LKS
-
5
5
Tindak lanjut
Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan  menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2

Jumlah
13
17
30












Strategi Instruksional ke-5

Mata Pelajaran       :    Bahasa Indonesia
TIK Kode: E        :  Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan bagian pendahuluan karya tulis ilmiah sesuai dengan deskripsi peristiwa secara benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang bagian pendahuluan karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menguraikan suatu peristiwa ke dalam bagian pendahuluan (latar belakang, permasalahan,  dan tujuan) untuk penulisan karya ilmiah.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
2
3


TIK



Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan bagian pendahuluan karya tulis ilmiah sesuai dengan deskripsi peristiwa secara benar.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang bagian pendahuluan pada karya tulis ilmiah.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
10
2
12
Contoh
Siswa menguraikan bagian latar belakang dan masalah yang bisa dituliskan dari suatu peristiwa untuk karya ilmiah.
Tanya jawab
LKS
1
3
4
Latihan
Siswa diminta menguraikan bagian pendahuluan yang bisa dituliskan dari suatu peristiwa untuk karya ilmiah.
Tanya jawab
LKS
1
5
6
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menguraikan bagian pendahuluan karya tulis ilmiah sesuai dengan deskripsi peristiwa yang diberikan secara benar.
Penugasan
Lembar soal
-
5
5

Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
2
1
3

Jumlah
17
18
35



Strategi Instruksional ke-6

Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia
TIK Kode: F      :    Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan secara singkat bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menjelaskan bagian pembahasan dari makalah
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
1
1
2

TIK
Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan secara singkat bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
4
2
6
Contoh
Siswa menjelaskan bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah
1
2
3
Latihan
Siswa diminta menjelaskan bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah
1
3
4
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menjelaskan secara singkat bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan dengan benar.
Penugasan
Lembar soal
-
5
5
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
2
1
3

Jumlah
11
14
25

Strategi Instruksional ke-7

Mata Pelajaran     :   Bahasa Indonesia
TIK Kode: G     :    Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan secara singkat bagian penutup pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang bagian penutup pada karya tulis ilmiah.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi
Siswa dapat menguraikan bagian penutup yang terdapat dalam suatu makalah.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt,  LCD Proyektor, dan makalah
1
1
2
TIK




Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan secara singkat bagian penutup pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
Ceramah
Laptop, Slide PPt,  LCD Proyektor, dan makalah
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N

Uraian

Penjelasan tentang bagian penutup pada karya tulis ilmiah
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor, dan makalah
3
2
5

Contoh
Siswa menjelaskan bagian penutup yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah
1
1
2

Latihan
Siswa diminta menguraikan bagian penutup yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan.
Inquiri dan tanya jawab
Makalah
1
1
2
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menguraikan secara singkat bagian penutup yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan dengan benar.
Penugasan
Lembar soal
-
4
4

Tindak lanjut


Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor,  dan makalah
2
1
3

Jumlah
10
10
20

Strategi Instruksional ke-8

Mata Pelajaran     :   Bahasa Indonesia                                                     
TIK Kode: H     :   Setelah dijelaskan cara menuliskan  daftar pustaka, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menuliskan daftar pustaka dengan tepat.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat
Materi ini mempelajari tentang cara menuliskan daftar pustaka.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi

Siswa dapat menuliskan sumber-sumber yang dijadikan sebagai sumber bahan dalam penulisan karya ilmiah ke dalam daftar pustaka.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
1
1
2

TIK




Setelah dijelaskan cara menuliskan  daftar pustaka, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menuliskan daftar pustaka dengan tepat.
Ceramah
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang cara penulisan daftar pustaka.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
10
1
11
Contoh
Siswa menuliskan daftar pustaka bersumber dari sebuah buku.
tanya jawab
Buku sumber
1
2
3
Latihan
Siswa diminta menuliskan daftar pustaka bersumber dari sebuah buku.
Penugasan
Buku sumber
-
2
2
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menuliskan daftar pustaka bersumber dari dua buah buku dengan tepat.
Penugasan
Lembar soal
-
4
4
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1

Jumlah
16
12
25












Strategi Instruksional ke-9

Mata Pelajaran     :    Bahasa Indonesia                                                    
TIK Kode: I       :    Setelah  membuat kerangka tulisan,  siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menuliskan sebuah karya tulis ilmiah sederhana dengan mengembangkan kerangka tulisan minimal 500 kata.
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
Deskripsi singkat

Materi ini mempelajari tentang  mengembangkan kerangka menjadi sebuah karya tulis sederhana.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
Relevansi

Siswa dapat mengembangkan kerangka menjadi sebuah karya ilmiah sederhana.
Tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
1
2
TIK





Setelah  membuat kerangka tulisan,  siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menuliskan sebuah karya tulis ilmiah sederhana dengan mengembangkan kerangka tulisan minimal  500 kata.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
1
-
1
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
METODE
MEDIA
WAKTU (DALAM MENIT)
GURU
SISWA
JUMLAH
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
Uraian
Penjelasan tentang mengembangkan kerangka menjadi sebuah karya tulis sederhana.
Ceramah
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
5
2
7
Contoh
Siswa menuliskan pendahuluan karya tulis ilmiah dengan mengembangkan kerangka bagian pendahuluan.
Diskusi kelompok
LKS
-
5
5
Latihan
Siswa diminta menuliskan pendahuluan karya tulis ilmiah dengan mengembangkan kerangka bagian pendahuluan.
Diskusi kelompok
LKS
-
6
6
P
E
N
U
T
U
P
Tes formatif dan umpan balik
Siswa menuliskan karya tulis ilmiah sederhana minimal 500 kata dengan mengembangkan kerangka tulisan yang telah dibuat sebelumnya.
Penugasankelompok
-
-
10
10
Tindak lanjut

Penjelasan kembali bagian-bagian yang belum di-pahami oleh siswa dan memberikan tugas menuliskan karya tulis ilmiah sederhana secara berkelompok dalam waktu satu minggu.
Ceramah dan tanya jawab
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
2
1
3

Jumlah
10
25
35

Dari 9 strategi di atas, terlihat semua waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar sebanyak 240 menit. Jika satu kali tatap muka 2 x 40 menit, waktu untuk semua kegiatan KBM direncanakan 3 kali tatap muka  (80 x 3 = 240 menit).

Diposting oleh Rahmawati Blog on Rabu, 20 Juni 2012

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang

Selamat datang di Blog Kontemplatif Cendekia, media yang mengajak Anda untuk sejenak merenung dan menjadi lebih bijak dalam melangkah.

Jam dan Tanggal

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Visitors

free counters

About Me

Foto Saya
Rahmawati Blog
Lihat profil lengkapku