F. Mengembangkan Strategi Instruksional
Dick & Carey (1985: 136) menyatakan bahwa suatu
strategi instruksional menjelaskan komponen-komponen umum dari suatu set bahan
instruksional dan prosedur-prosedur yang akan digunakan bersama bahan-bahan
tersebut untuk menghasilkan hasil belajar tertentu pada peserta didik.
Selanjutnya berdasarkan penjelasan tersebut dan petunjuk Suparman (2004:
208-232), maka pada langkah pengembangan strategi instruksional ini dapat
dirinci sebagai berikut.
Strategi
Instruksional ke-1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
TIK Kode: A : Setelah diberikan contoh karya tulis ilmiah,
siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timurdapat menyebutkan sistematika
penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU (DALAM
MENIT)
|
||||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang sistematika penulisan karya tulis ilmiah.
|
ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
||
Relevansi
|
Siswa dapat menentukan sistematika penulisan karya tulis ilmiah yang
biasa terdapat pada karya tulis seperti makalah dan artikel.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Makalah
dan artikel
|
1
|
1
|
2
|
|||
TIK
|
Setelah diberikan dua contoh
karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan
sistematika penulisan
karya tulis ilmiah dengan benar.
|
ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
|||
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU (DALAM
MENIT)
|
||||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan secara umum tentang sistematika penulisan karya tulis ilmiah.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
2
|
1
|
3
|
||
Contoh
|
Siswa
menyebutkan sistematika penulisan yang terdapat pada contoh makalah dan
artikel yang diberikan.
|
Tanya
jawab
|
Makalah
dan artikel pada buku siswa
|
-
|
2
|
2
|
|||
Latihan
|
Siswa
diminta untuk menemukan kemudian menyebutkan sistematika yang terdapat pada
contoh karya ilmiah yang diberikan.
|
Inquiri
dan tanya jawab
|
Makalah
dan artikel pada buku siswa
|
1
|
6
|
7
|
|||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa
menyebutkan urutan sistematika yang terdapat pada contoh karya tulis yang
diberikan dengan tepat.
|
Tanya
jawab
|
Makalah
dan lembar soal
|
-
|
2
|
2
|
||
Tindak
lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan
berikutnya.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
1
|
2
|
|||
|
Jumlah
|
7
|
13
|
20
|
|||||
Strategi
Instruksional ke-2
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
TIK Kode: B : Setelah dijelaskan langkah-langkah
penyusunan karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan
4 langkah penulisan
karya tulis ilmiah dengan benar.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
|||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang langkah-langkah
penyusunan karya tulis ilmiah.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
|
Relevansi
|
Siswa dapat menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum membuat
karya tulis ilmiah.
|
Tanya
jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan
makalah
|
1
|
1
|
2
|
||
TIK
|
Setelah dijelaskan langkah-langkah
penyusunan karya tulis ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menyebutkan
4 langkah penulisan
karya tulis ilmiah dengan tepat.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
||
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
|||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
||||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan secara
umum tentang langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
7
|
-
|
7
|
|
Contoh
|
Siswa
menyebutkan langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah.
|
Tanya
jawab
|
-
|
-
|
2
|
2
|
||
Latihan
|
Siswa
diminta untuk menyebutkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menulis
sebuah karya tulis ilmiah.
|
Tanya
jawab
|
-
|
1
|
3
|
4
|
||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa
menyebutkan 4 langkah penulisan karya tulis ilmiah dengan benar.
|
Tanya
jawab
|
Lembar
soal
|
-
|
1
|
1
|
|
Tindak lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan
berikutnya.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
1
|
2
|
||
|
Jumlah
|
12
|
8
|
20
|
||||
Strategi
Instruksional ke-3
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
TIK Kode: C : Jika
diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur
dapat menentukan topik untuk karya tulis
ilmiah sesuai deskripsi peristiwa tersebut dengan benar.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
|||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang menentukan topik untuk
penulisan karya ilmiah.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
|
Relevansi
|
Siswa
dapat menentukan topik dari peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari sebagai
langkah awal dalam pembuatan karya tulis ilmiah.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
1
|
2
|
||
TIK
|
Jika diberikan deskripsi
suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menentukan topik sesuai deskripsi
peristiwa tersebut dengan benar.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
||
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
|||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
||||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan tentang cara menentukan topik dalam penulisan karya tulis ilmiah.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
8
|
2
|
10
|
|
Contoh
|
Siswa
menentukan topik dalam penulisan karya tulis ilmiah.
|
Tanya
jawab
|
LKS
|
1
|
4
|
5
|
||
Latihan
|
Siswa
diminta untuk menentukan topik sesuai
deskripsi peristiwa yang diberikan untuk menulis sebuah karya tulis
ilmiah.
|
Diskusi
kelompok
|
LKS
|
-
|
3
|
3
|
||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa
menentukan topik sesuai deskripsi
peristiwa yang diberikan dengan
benar.
|
Diskusi
kelompok
|
LKS
|
-
|
5
|
5
|
|
Tindak lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan meminta siswa untuk mencari suatu peristiwa
menarik kemudian menentukan topik dari peristiwa tersebut sebagai PR.
Kemudian, menyampaikan bahan untuk pertemuan
berikutnya.
|
Tanya
jawab dan penugasan
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan lembar soal
|
2
|
1
|
3
|
||
|
Jumlah
|
14
|
16
|
30
|
||||
Strategi
Instruksional ke-4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
TIK
Kode:
D : Setelah
dijelaskan cara mengumpulkan data, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat
menjelaskan cara mengumpulkan data dengan benar.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
|||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang cara mengumpulkan data.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
|
Relevansi
|
Siswa
dapat menjelaskan sumber-sumber yang
bisa didapatkan dalam mengumpulkan data sebagai bahan dan sumber untuk
pembuatan karya tulis ilmiah.
|
Tanya
jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
2
|
3
|
||
TIK
|
Setelah dijelaskan cara
mengumpulkan data, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan
cara mengumpulkan data dengan benar.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
||
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
|||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
||||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan tentang cara
mengumpulkan data.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
8
|
2
|
10
|
|
Contoh
|
Siswa
menyebutkan sumber-sumber yang bisa dijadikan data.
|
Tanya
jawab
|
-
|
1
|
2
|
3
|
||
Latihan
|
Siswa diminta untuk menjelaskan cara mengumpulkan
data.
|
Diskusi
kelompok
|
LKS
|
-
|
5
|
5
|
||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa
menjelaskan cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data yang akan dijadikan
sebagai bahan dan sumber dalam penulisan karya ilmiah.
|
Diskusi
kelompok dan penugasan
|
LKS
|
-
|
5
|
5
|
|
Tindak lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan berikutnya.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
1
|
2
|
||
|
Jumlah
|
13
|
17
|
30
|
||||
Strategi
Instruksional ke-5
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
TIK Kode: E :
Jika diberikan deskripsi suatu peristiwa, siswa
kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan bagian pendahuluan
karya tulis ilmiah sesuai dengan
deskripsi peristiwa secara benar.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang bagian pendahuluan karya tulis ilmiah.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
Relevansi
|
Siswa
dapat menguraikan suatu peristiwa ke dalam bagian pendahuluan (latar
belakang, permasalahan, dan tujuan)
untuk penulisan karya ilmiah.
|
Tanya
jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
2
|
3
|
|
TIK
|
Jika diberikan deskripsi
suatu peristiwa, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan
bagian pendahuluan karya tulis ilmiah sesuai dengan deskripsi peristiwa secara benar.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
|
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan tentang bagian pendahuluan pada karya tulis ilmiah.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
10
|
2
|
12
|
Contoh
|
Siswa
menguraikan bagian latar belakang dan masalah yang bisa dituliskan dari suatu
peristiwa untuk karya ilmiah.
|
Tanya
jawab
|
LKS
|
1
|
3
|
4
|
|
Latihan
|
Siswa
diminta menguraikan bagian pendahuluan yang bisa dituliskan dari suatu
peristiwa untuk karya ilmiah.
|
Tanya
jawab
|
LKS
|
1
|
5
|
6
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa menguraikan bagian pendahuluan karya tulis ilmiah
sesuai dengan deskripsi peristiwa yang diberikan secara benar.
|
Penugasan
|
Lembar
soal
|
-
|
5
|
5
|
Tindak lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan
berikutnya.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
2
|
1
|
3
|
|
|
Jumlah
|
17
|
18
|
35
|
Strategi
Instruksional ke-6
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
TIK
Kode:
F : Jika diberikan contoh suatu karya ilmiah,
siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan secara singkat bagian pembahasan
pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang bagian pembahasan
pada karya tulis
ilmiah.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
Relevansi
|
Siswa
dapat menjelaskan bagian pembahasan dari makalah
|
Tanya
jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
|
1
|
1
|
2
|
|
TIK
|
Jika diberikan contoh suatu
karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menjelaskan secara singkat
bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
|
1
|
-
|
1
|
|
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan tentang bagian pembahasan pada karya tulis ilmiah.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
|
4
|
2
|
6
|
Contoh
|
Siswa
menjelaskan bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang
diberikan.
|
Inquiri
dan tanya jawab
|
Makalah
|
1
|
2
|
3
|
|
Latihan
|
Siswa
diminta menjelaskan bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang
diberikan.
|
Inquiri
dan tanya jawab
|
Makalah
|
1
|
3
|
4
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa
menjelaskan secara singkat bagian pembahasan yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang
diberikan dengan benar.
|
Penugasan
|
Lembar
soal
|
-
|
5
|
5
|
Tindak lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan
berikutnya.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor dan makalah
|
2
|
1
|
3
|
|
|
Jumlah
|
11
|
14
|
25
|
Strategi
Instruksional ke-7
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
TIK Kode: G : Jika
diberikan contoh suatu karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur
dapat menguraikan secara singkat bagian penutup
pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang bagian penutup
pada karya tulis
ilmiah.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
Relevansi
|
Siswa
dapat menguraikan bagian penutup yang terdapat dalam suatu makalah.
|
Tanya
jawab
|
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor, dan makalah
|
1
|
1
|
2
|
|
TIK
|
Jika diberikan contoh suatu
karya ilmiah, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat menguraikan secara
singkat bagian penutup pada karya tulis ilmiah tersebut dengan benar.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor, dan makalah
|
1
|
-
|
1
|
|
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan
tentang bagian penutup
pada karya tulis
ilmiah
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor, dan makalah
|
3
|
2
|
5
|
Contoh
|
Siswa
menjelaskan bagian penutup yang terdapat pada contoh karya
tulis ilmiah yang diberikan.
|
Inquiri
dan tanya jawab
|
Makalah
|
1
|
1
|
2
|
|
Latihan
|
Siswa
diminta menguraikan bagian penutup yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang
diberikan.
|
Inquiri
dan tanya jawab
|
Makalah
|
1
|
1
|
2
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa
menguraikan secara singkat bagian
penutup yang terdapat pada contoh karya tulis ilmiah yang diberikan dengan benar.
|
Penugasan
|
Lembar
soal
|
-
|
4
|
4
|
Tindak lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan
berikutnya.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor, dan
makalah
|
2
|
1
|
3
|
|
|
Jumlah
|
10
|
10
|
20
|
Strategi
Instruksional ke-8
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
TIK Kode: H : Setelah dijelaskan cara menuliskan daftar pustaka, siswa kelas IX MTsN Kangkung OKU Timur dapat
menuliskan daftar pustaka dengan tepat.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
|||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang cara menuliskan
daftar pustaka.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
|
Relevansi
|
Siswa
dapat menuliskan sumber-sumber yang dijadikan sebagai sumber bahan dalam
penulisan karya ilmiah ke dalam daftar pustaka.
|
Tanya
jawab
|
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
|
1
|
1
|
2
|
||
TIK
|
Setelah dijelaskan cara menuliskan daftar pustaka, siswa kelas IX MTsN
Kangkung OKU Timur dapat menuliskan daftar pustaka dengan tepat.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
|
1
|
-
|
1
|
||
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
|||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
||||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan tentang
cara penulisan daftar pustaka.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt, LCD Proyektor & buku sumber
|
10
|
1
|
11
|
|
Contoh
|
Siswa menuliskan daftar pustaka bersumber dari
sebuah buku.
|
tanya
jawab
|
Buku
sumber
|
1
|
2
|
3
|
||
Latihan
|
Siswa
diminta menuliskan daftar pustaka
bersumber dari sebuah buku.
|
Penugasan
|
Buku
sumber
|
-
|
2
|
2
|
||
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa menuliskan daftar pustaka bersumber dari
dua buah buku dengan tepat.
|
Penugasan
|
Lembar
soal
|
-
|
4
|
4
|
|
Tindak lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan menyampaikan bahan untuk pertemuan
berikutnya.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
||
|
Jumlah
|
16
|
12
|
25
|
||||
Strategi
Instruksional ke-9
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
TIK
Kode:
I : Setelah membuat kerangka tulisan, siswa kelas IX MTsN Kangkung
OKU Timur dapat menuliskan sebuah karya tulis ilmiah sederhana
dengan mengembangkan kerangka tulisan
minimal 500 kata.
URAIAN
KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
(DALAM MENIT)
|
||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
P
E
N
D
A
H
U
L
U
A
N
|
Deskripsi singkat
|
Materi ini mempelajari tentang
mengembangkan kerangka menjadi
sebuah karya tulis sederhana.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
Relevansi
|
Siswa
dapat mengembangkan kerangka menjadi sebuah karya ilmiah sederhana.
|
Tanya
jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
1
|
2
|
|
TIK
|
Setelah membuat kerangka tulisan, siswa kelas IX MTsN Kangkung
OKU Timur dapat menuliskan sebuah karya tulis ilmiah sederhana
dengan mengembangkan kerangka tulisan
minimal 500 kata.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
1
|
-
|
1
|
|
URAIAN KEGIATAN INSTRUKSIONAL
|
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU (DALAM MENIT)
|
||||
GURU
|
SISWA
|
JUMLAH
|
|||||
P
E
N
Y
A
J
I
A
N
|
Uraian
|
Penjelasan tentang mengembangkan kerangka
menjadi sebuah karya tulis sederhana.
|
Ceramah
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
5
|
2
|
7
|
Contoh
|
Siswa
menuliskan pendahuluan karya tulis ilmiah dengan
mengembangkan kerangka bagian pendahuluan.
|
Diskusi kelompok
|
LKS
|
-
|
5
|
5
|
|
Latihan
|
Siswa
diminta menuliskan pendahuluan karya tulis ilmiah dengan mengembangkan
kerangka bagian pendahuluan.
|
Diskusi
kelompok
|
LKS
|
-
|
6
|
6
|
|
P
E
N
U
T
U
P
|
Tes formatif dan umpan balik
|
Siswa menuliskan karya tulis ilmiah sederhana minimal
500 kata dengan mengembangkan kerangka tulisan yang telah dibuat sebelumnya.
|
Penugasankelompok
|
-
|
-
|
10
|
10
|
Tindak lanjut
|
Penjelasan kembali bagian-bagian yang
belum di-pahami oleh siswa dan memberikan tugas menuliskan karya tulis
ilmiah sederhana secara berkelompok dalam waktu satu minggu.
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
Laptop, Slide PPt & LCD Proyektor
|
2
|
1
|
3
|
|
|
Jumlah
|
10
|
25
|
35
|
0 komentar