Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SLTP banyak menuntut kemampuan,  keterampilan siswa untuk aktif mempraktikkan bahan pembelajaran yang diberikan (Standar dan Kompetensi Dasar KTSP SLTP). Untuk mempraktikkan perlu media-media yang memberikan contoh praktik pembelajaran tersebut, seperti materi pembelajaran dialog interaktif, menjadi reporter, bermain drama, dan bermusikalisasi puisi.
Penggunaan media yang dapat menunjukkan kegiatan yang dituntut pada peserta didik untuk mempraktikkannya sangat diperlukan dalam menunjang ketercapaian kompetensi yang diinginkan, yaitu media yang sifatnya interaktif, yang dapat melibatkan pembelajar berperan dalam kegiatan pembelajaran. Selama ini media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih sangat minim. Hal ini dialami sendiri oleh penyusun dalam proses pembelajaran di kelas dan usaha mencari informasi media pembelajaran baik dari media cetak maupun media elektronik yang sulit ditemukan. Salah satu media yang biasa digunakan adalah media komputer yang sering dipakai untuk presentasi yaitu Microsoft Powerpoint. (Sanaky, 2011: 132). 
Aplikasi Powerpoint yang sudah kita kenal atau bahkan sudah kita pergunakan se- lama bertahun-tahun sebenarnya dapat kita gunakan untuk membuat suatu media pembel-ajaran interaktif. Namun banyak dari kita yang belum menyadari akan hal tersebut. Selama ini kita sering menggunakan aplikasi Powerpoint hanya untuk membuat suatu media pre-sentasi atau bahan ajar yang bersifat satu arah saja (non interaktif), dimana pengguna hanya berlaku sebagai pendengar atau penonton saja tanpa terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang ada dalam media tersebut secara mandiri. Hal ini sangat menyimpang dengan prinsip pembuatan media interaktif yang menuntut suatu keterlibatan pengguna secara aktif dan mandiri selama berlangsungnya pembelajaran tersebut. (Purnomo, 2010)
 Pada makalah ini, kita akan dibahas membuat suatu bahan ajar interaktif yang dapat dipergunakan untuk pembelajaran mandiri dengan menggunakan Aplikasi Powerpoint. Melalui pembahasan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan cara membuat media interaktif dengan menggunakan aplikasi powerpoint, dan dengan pengetahuan tersebut diharapkan para pendidik dapat memanfaatkannya dalam pembuatan media-media pembelajaran, terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia. 



II. Pembuatan Bahan Ajar Interaktif dengan Powerpoint
Prinsip dalam membuat bahan ajar interaktif dengan Powerpoint cukup sederhana, yaitu cukup dengan memanfaatkan fasilitas hyperlink yang ada untuk menghubungkan slide yang satu dengan yang lainnya.
A. Pengenalan Bunyi Huruf
Pada tahap ini akan dibuat prototype bahan ajar tentang “Pengenalan Bunyi Huruf”. Dengan menggunakan bahan ajar ini diharapkan siswa dapat mengenal atau mengetahui bunyi dari suatu huruf cukup dengan mengklik huruf tersebut. Setelah ini selesai membuat prototype bahan ajar interaktif ini, diharapkan dapat membuat bahan-bahan ajar interaktif yang lainnya.
Sebelum  memulai  membuat prototype  bahan  ajar “Pengenalan  Huruf  dan Angka”
pastikan bahwa Aplikasi Powerpoint sudah ada pada komputer anda. Pastikan bahwa file-file suara sudah anda download dan sudah tersimpan dalam komputer anda. Jika belum silahkan klik Save As. Setelah file-file diatas tersimpan dalam komputer anda, kita dapat memulai membuat bahan ajar ini. adapun langkah-langkah pembuatan prototype bahan
ajar “Pengenalan Bunyi Huruf” adalah sebagai berikut:
1.  Buatlah dokumen Powerpoint yang baru
2.  Simpan dokumen ini dengan nama “pengenalan huruf”, untuk menyimpannya klik menu File Save As muncul menu dialog seperti berikut.

3.  Muncul menu dialog seperti berikut.

4.  Beri nama “pengenalan bunyi huruf” pada kotak File Name.
5.  Klik Save atau tekan Enter.
6.  Hapus kotak klik to add title dan klik to add subtitle, dengan terlebih dahulu memilih kedua kotak tersebut dan tekan tombol delete pada keyboard.
 

7.  Pastikan slide yang ada sekarang benar-benar kosong.
8.  Masukkan huruf A, B, dan C dalam bentuk WordArt, dengan cara klik ikon Insert WordArt pada Toolbar Drawing yang berada di bagian bawah layar atau klik menu Insert Picture WordArt.

9.  Muncul kotak dialog seperti berikut
    
      Pilih satu jenis dari sekian banyak WordArt yang ada, klik OK.
10. Muncul kotak dialog seperti di bawah ini, ketikkan huruf Aa, klik OK.

11.  Lakukan seperti langkah 8-9 kemudian ketikkan huruf Bb, selanjutnya huruf Cc
12.  Di dalam slide akan terdapat 3 tekt WordArt seperti berikut:

(tampilan slide anda tidak harus sama persis dengan slide di atas, yang
penting mengandung 3 tekt WordArt)
13.  Gandakan(copy) slide tersebut sebanyak 3 kali, caranya arahkan mouse ke task pane slide yang berada di sebelah kiri layar, klik kanan slide 1, pilih Copy

     

14.  Klik ikon paste sebanyak 3 kali
15.  Sekarang akan ada 4 slide dengan isi yang sama
16.  Sekarang kita akan memberi hyperlink pada masing-masing huruf, huruf Aa akan kita hubungkan dengan slide 2, sehingga ketika huruf Aa kita klik, maka akan berpindah pada slide 2, caranya pilih huruf Aa (misalnya yang huruf Aa yang ada pada slide 1), kemudian klik menu insert, pilih hyperlink.


17. Muncul kotak dialog seperti berikut:


18.Pada bagian Link to, pilih Place in This Document
19.kotak dialog Edit Hyperlink akan berubah seperti berikut
  

20.  Ingat bahwa huruf Aa akan kita beri link ke slide 2, sehingga pada kotak Select a place in this document kita pilih slide 2, selanjutnya kita Klik OK.
21.  Ingat, anda baru memberi link pada salah satu huruf Aa saja, anda perlu memberi link pada semua huruf Aa yang lainnya.
22.  Berikan hyperlink pada semua huruf Aa yang ada untuk diarahkan ke slide 2 (termasuk huruf Aa yang ada di slide 2 itu sendiri), langkahnya sama dengan langkah 16-20.
23.  Sekarang kita akan memasukkan bunyi A pada slide 2, caranya pilih slide 2, pilih menu Slide Show Slide Transition
24.  Pada layar Powerpoint sebelah kanan akan muncul Task Pane Slide Transition seperti berikut

      
25.  Pilih tanda panah ke bawah pada kotak sound, di bagian paling bawah pilih Other Sound

      

26.  Muncul kotak dialog seperti berikut:

       

27.  Cari file suara huruf A yang sudah anda download sebelumnya, klik OK
28.  Untuk melihat hasilnya klik menu Slide Show View Show.
29.  Klik Aa, akan keluar bunyi A, jika hal ini tidak terjadi pasti telah terjadi kesalahan  langkah, anda perlu mengulangi langkah-langkah sebelumnya dengan benar.
30.  Klik Tombol ESC pada keyboard untuk keluar dari slide show
31.  Sekarang kita akan menghubungkan huruf Bb yang ada pada setiap slide dengan    slide 3 sehingga ketika huruf Bb kita klik, maka akan berpindah pada slide 3, caranya pilih huruf Bb (misalnya yang huruf Bb yang ada pada slide 1), kemudian klik menu insert, pilih hyperlink.

      
32.  Muncul kotak dialog seperti berikut:

      

33.  Pada bagian Link to, pilih Place in This Document.

      

34.  Kotak dialog Edit Hyperlink akan berubah seperti berikut.

      
35.  Ingat bahwa huruf Bb akan kita beri link ke slide 3, sehingga pada kotak Select a  place in this document kita pilih slide 3, selanjutnya kita Klik OK.
36.  Ingat, anda baru memberi link pada salah satu huruf Bb saja, anda perlu memberi link pada semua huruf Bb yang lainnya.
37.  Berikan hyperlink pada setiap huruf Bb yang ada untuk diarahkan ke slide 3 (termasuk huruf Bb yang ada di slide 3 itu sendiri)
38.  Sekarang kita akan memasukkan bunyi B pada slide 3, caranya pilih slide 3, pilih menu Slide Show Slide Transition
39.  Pada layar Powerpoint sebelah kanan akan muncul Task Pane Slide Transition seperti    berikut.

      

40.  Pilih tanda panah ke bawah pada kotak sound, di bagian paling bawah pilih Other Sound

      

41.  Muncul kotak dialog seperti berikut:

      
42.  Cari file suara huruf B yang sudah anda download sebelumnya, klik OK
43.  Untuk melihat hasilnya klik menu Slide Show View Show.
44.  Klik Bb, akan keluar bunyi B, jika hal ini tidak terjadi pasti telah terjadi kesalahan langkah, anda perlu mengulangi langkah-langkah sebelumnya dengan benar.
45.  Klik Tombol ESC pada keyboard untuk keluar dari slide show
46.  Klik Menu FileSave untuk menyimpan dokumen tersebut.
47.  Sekarang kita akan menghubungkan huruf Cc yang ada pada setiap slide dengan        slide 4, langkahnya hampir sama dengan langkah-langkah sebelumnya ketika menghubungkan huruf Aa dengan slide 2 (langkah 16 –22), atau langkah-langkah ketika menghubungkan huruf Bb dengan slide 3 (langkah 31 – 37).
48.  Selanjutnya kita akan memasukkan bunyi C di slide 4, langkahnya hampir sama ketika memasukkan bunyi A pada slide 2 (langkah 23-27) atau ketika memasukkan bunyi B pada slide 3 (langkah 38-42)
49.  Untuk melihat hasilnya klik menu Slide Show View Show.
50.  Klik Cc, akan keluar bunyi C, jika hal ini tidak terjadi pasti telah terjadi kesalahan langkah, anda perlu mengulangi langkah-langkah sebelumnya dengan benar.
51.  Klik Tombol ESC pada keyboard untuk keluar dari slide show
52.  Klik Menu FileSave untuk menyimpan dokumen tersebut.

C. Pengenalan Bentuk
Pada bab ini kita akan membuat prototype bahan ajar tentang “Pengenalan Bentuk”. Setelah ini, diharapkan bapak/ibu dapat membuat bahan-bahan ajar interaktif yang lainnya.
adapun langkah-langkah pembuatan prototype bahan ajar “Pengenalan Bentuk” adalah sebagai berikut.
1.  Buatlah dokumen Powerpoint yang baru.
    
2.  Simpan dokumen ini dengan nama “pengenalan Bentuk”, untuk menyimpannya klik menu File Save As.

    

3.  Muncul menu dialog seperti berikut.

     

4.  Beri nama pengenalan bentuk pada kotak File Name.
5.  Klik Save atau tekan Enter
6.  Hapus kotak Click to add title dan Click to add subtitle, dengan terlebih dahulu memilih kedua kotak tersebut dan tekan tombol Delete pada keyboard.

    
7.  Pastikan slide yang ada sekarang benar-benar kosong
8.  Buatlah Sebuah segitiga dengan menggunakan control panel Autoshape, pilih Basic Shape, lalu dipilih segitiga dibawah.

    

9.    Kemudian buat kembaran segitiga tersebut dengan cara diklik gambar segitiga  kemudian tekan ctrl-d, kemudian geser ke sebelah kanan.

10.  Segitiga yang berada di sebalah kanan diberi warna dengan warna merah, misalnya. Dengan cara klik kanan pada segitiga dikanan pilih format autoshape


11.  Setelah itu klik di format autoshape, maka akan muncul kotak dialog, sorot tab color, lalu pilih warna merah.
      


       Maka segitiga keduapun akan berwarna merah.
      

12.  Supaya segitiga yang tidak berwarna atau berwarna putih bergerak menyatu dengan segitiga merah maka klik terlebih dahulu segitiga berwarna putih, setelah itu klik kanan segitiga merah sampai muncul kotak pilihan dan pilih Custom Animation, add Effec, motion path, lalu pilih Draw Custom Path lalu pilih Line.
      

13.  Setelah itu tarik sebuah garis dari segitiga putih ke pertengahan segitiga merah
14.  Untuk menambah suara maka, pada klik panah ke bawah dan pilih Effect option.
      
      
       maka, dapat terlihat seperti gambar dibawah ini.

      

15.  Setelah itu pilih suara untuk menunjukkan bahwa gambar diatas adalah segitiga

      
16.  Tekan enter atau klik OK
17.  Maka suara sudah masuk
18.  Untuk Bentuk Segi empat dan lingkaran, ikuti petunjuk 8 sampai 16, sampai akhirnya terlihat gambar di bawah ini.
      
      













DAFTAR PUSTAKA

Ho, Belinda. From Using Transparencies to Using Powerpoint Slides in the Classroom. http://www.are.edu.au/01pap/ho01072.htm.
Lambert,  Judy  dan Pru Cuper. 2008. Multimedia Technologies and Familiar Spaces: 21st-Century Teaching for 21st-Century Learners. http://www.citejournal.org/ vol8/iss3/currentpractice/article1.cfm.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purnomo, Suswanto Heru dan Dendi Rahadian Hudori. 2010. Pembuatan Bahan Ajar Interaktif dengan PowerPoint. http://www.tkplb.org/documents/etraining-media pembelajaran/.
Ruffini, Michael F.. 2009. Creating Animations in PowerPoint to Support Student Learning and Engagement.  http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/3.0.  
Rusman, dkk.. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembamgkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanaky, Hujair. A.H.. 2011. Media Pembelajaran: Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Selimoglu, Several Kardes et.al. 2009. The Effect of PowerPoint Preferences of Students on Their Performance: A Research In Anadolu University. http://tojde.anadolu.edu.tr/tojde33/ articles/article5.htm/.
Voss, Diana et. al. 2004. PowerPoint in the Classroom. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/ articles/PMC520839/.
Yulius, Oscar. 2011. Kompas IT Kreatif Belajar Komputer. Yogyakarta: Panser Pustaka.


Diposting oleh Rahmawati Blog on Selasa, 10 Januari 2012

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang

Selamat datang di Blog Kontemplatif Cendekia, media yang mengajak Anda untuk sejenak merenung dan menjadi lebih bijak dalam melangkah.

Jam dan Tanggal

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Visitors

free counters

About Me

Foto Saya
Rahmawati Blog
Lihat profil lengkapku