Ada banyak teori yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran membaca, namun secara umum ada tiga pangkal utama dalam pembelajaran membaca, baik untuk anak-anak yang baru mengenal huruf dan kata, ataupun dewasa yang sedang mempelajari bahasa asing.
Diantaranya adalah sebagai berikut.

Teori Membaca Button-Up (Button-Up Theory). Menurut teori ini membaca dimulai dengan cara mengenal huruf dari sebuah kata, menganalkan kata dari sebuah kalimay lalu mengenalkan kalimat dari sebuah teks bacaan. salah satu model pendekatan memaca yang menggunakan teori ini adalah model Gough.
Teori Membaca Top Down (Top Down Theory). untuk mampu membaca menurut teori ini seseorang harus memiliki pengetahuan terlebih dahulu mengenai hal yang akan dibaca, jika tidak maka ia tidak bisa membaca suatu teks atau tulisan. untuk memahami suatu tulisan atau teks maka ada seorang pembaca harus mampu menguasai semantik, sintaktik dan graphophonik.
Teori Membaca Interkatif atau Transaktif. membaca sebetulnya suatu proses sosial dimana ada sebuah interaksi antara si pembaca (reader) dengan isi tulisan yang ada pada sebuah teks atau buku. oleh sebab itu sebetulnya secara tidak langsung ada sebuah interaksi antara sipembaca dengan si penulis atau si pengarang sebuah buku.

sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2103370-reading-primary-school-years/

Diposkan oleh Rahmawati Blog on Selasa, 17 Januari 2012
categories: edit post

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Selamat Datang

Selamat datang di Blog Kontemplatif Cendekia, media yang mengajak Anda untuk sejenak merenung dan menjadi lebih bijak dalam melangkah.

Jam dan Tanggal

Pengikut

Total Tayangan Laman

Visitors

free counters

About Me

Foto Saya
Rahmawati Blog
Lihat profil lengkapku